7 Kebaikan Buah Pir untuk Kesehatan Badan

Anda termasuk juga pengagum buah pir? Buah berkulit hijau yang rasa-rasanya manis renyah waktu digigit ini memang nikmat jadikan cemilan sore. Akan tetapi dibalik kelezatan rasa-rasanya, pear pun menaruh beberapa faedah kesehatan, lho!

Faedah buat pir yang menyehatkan badan


Pir atau pear ialah buah spesies tumbuhan Pyrus communis yang termasuk juga bagian keluarga dari tumbuhan Rosaceae.

Pir tumbuh di negara Eropa serta Asia. Di buah ini pula memiliki kandungan beberapa nutrisi seperti vitamin A, vitamin E, niasin, asam pantotenat, kolin, betain, kalsium, zat besi, fosfor, seng, serta selenium.

  • Memiliki kandungan anti-oksidan

Pir mempunyai dampak anti-oksidan glutathione serta anti kanker yang baik untuk kesehatan badan. Glutathione ialah anti-oksidan yang bisa menolong menahan kanker, desakan darah tinggi serta stroke.

7 Kebaikan Buah Pir untuk Kesehatan Badan

Menurut riset oleh National Cancer Institute, konsumsi pir fresh sehari-hari tunjukkan dampak positif pada potensi badan untuk menahan perkembangan kanker, kurangi peradangan, serta mengawasi badan dalam kandungan pH yang seimbang. Tidak lupa pun, faedah buah pir bagus untuk kurangi kandungan lemak lipid dalam darah.

  • Sumber vitamin C tinggi

Untuk memberi dukungan kebal badan yang sehat, Anda dapat konsumsi buah pir. Masalahnya buah pir memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Di kandungan pir, ada seputar 12% keperluan vitamin C (asam askorbat) harian yang Anda perlukan.

Diluar itu, vitamin C dalam buah ini memiliki kandungan zat anti-oksidan kuat yang menantang dapat rusaknya sel karena radikal bebas serta depresi oksidatif. Vitamin C berguna juga membuat perlindungan sel DNA yang sehat, hentikan mutasi sel, mengawasi metabolisme yang sehat, serta melakukan perbaikan jaringan yang rusak di pada tubuh.

  • Baik untuk kulit

Tidak hanya baik untuk kesehatan organ di, kandungan nutrisi vitamin C dalam faedah buah pir nyatanya pun baik untuk kulit sebagai sisi terluar dari badan Anda. Konsumsi vitamin C serta anti-oksidan tinggi seperti pir menolong tingkatkan kebal kulit pada infeksi. Diluar itu, anti-oksidan dalam buah ini mempunyai dampak anti-penuaan serta pembaruan sel di kulit.

  • Memiliki kandungan banyak serat baik

Pada buah pir ukuran tengah, biasanya memiliki kandungan serat sekitar 5 gr. Makan pir dapat jadi salah satunya langkah penuhi keperluan serat harian badan Anda. Serat pun bertindak terpenting dalam mengawasi kandungan gula darah yang sehat.

Bukan sekedar serat biasa, pir memiliki kandungan serat pektin yang larut di air. Serat pektin berperan terpenting untuk menolong turunkan tingkat cholesterol pada tubuh serta tingkatkan kesehatan skema pencernaan Anda.

  • Menahan sembelit

Kandungan serat pada pir cukuplah tinggi hingga buah ini bagus untuk menahan atau menyembuhkan permasalahan pencernaan. Lantas, pektin di faedah buah pir pun dipandang seperti zat diuretik alami yang mempunyai dampak pencahar tingkat mudah.

Jika sembelit, coba makan 1 atau 2 buah pir satu hari. Anda dapat juga memberikan potongan pir ke kombinasi smoothie untuk menolong memperlancar gerakan usus, menahan retensi air di pada tubuh, serta kurangi perasaan kembung.

  • Menolong menahan diabetes

Kandungan flavonoid dalam faedah buah pir disebutkan jadi kunci dalam menahan serta menyembuhkan diabetes. Perihal ini di dukung oleh satu riset dari Center for Disease Control and Prevention yang dibarengi oleh lebih dari 9.600 orang dewasa berumur 25-74 saat seputar 20 tahun.

Beberapa periset dari temukan jika peserta yang makan lima bagian buah serta sayuran sehari-hari, dengan berarti resiko pembentukan diabetesnya menyusut. Buah pir pun dipandang buah rendah indeks glikemik yang baik untuk gula darah. Satu bagian pir memiliki kandungan seputar 26-28 gr karbohidrat.

Tidak hanya sebab kandungan seratnya tinggi, buah pir ini dipandang semakin dapat meredam perasaan ngidam makanan manis karena seratnya yang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.

  • Menolong mengawasi kesehatan tulang

Faedah buah pir yang lain ialah memiliki kandungan vitamin K serta zat boron yang bisa mengawasi kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K bisa tingkatkan resiko penyakit tulang seperti osteporosis.

Vitamin K serta nutrisi terpenting yang lain seperti kalsium, magnesium serta fosfor, kerja bersama dengan untuk menahan rusaknya tulang. Bahkan juga, beberapa pakar bahkan juga memandang vitamin K punya potensi menjadi nutrisi penting untuk menantang osteoporosis.

Sedang zat boron berperan terpenting untuk menolong mengawasi tulang masih kuat dengan meningkatkan kepadatan mineral, menahan osteoporosis, menyembuhkan keadaan peradangan seperti radang sendi, serta tingkatkan kemampuan pada massa otot. Banyak pakar kesehatan memandang boron menjadi sisi terpenting dalam menahan masalah tulang karena menambahnya umur.

Pilih buah pir yang baik


Jika ingin beli pir, pilih buah pir organik yang lebih sehat dibanding dengan pir yang terserang semprotan pestisida. Untuk memperoleh kandungan gizi utuh dari buah ini, beli pir fresh.

Upayakan tidak beli pir olahan seperti juice pir paket, sirup atau selai pir. Produk olahan itu umumnya telah dipasteurisasi, memiliki kandungan gula penambahan, serta telah kehilangan banyak nutrisi.

Sebaiknya, Anda dapat buat sendiri juice pir alami alami dari buah utuh tiada penambahan gula apa pun. Ingat! Sebaiknya haluskan pir dengan utuh. Sebagian orang suka mengupas kulit pir. Walau sebenarnya, pada kulitnya lah yang memiliki kandungan banyak kandungan anti-oksidan serta vitamin.

Jika Anda memperoleh buah pir yang masih tetap mentah, sebaiknya janganlah langsung dibuang. Buah ini dapat masak dalam beberapa pada suhu kamar. Panduan supaya pir masak bertambah cepat, tempatkan pir di mangkok dengan buah pisang. Ini sebab pisang memiliki kandungan senyawa kimia yang dapat membuat buah lainnya masak cepat.
Disqus Comments