Bedakan Bentuk Payudara Wanita yang Sehat serta yang Butuh Di check Dokter

Ada yang besar serta bundar prima, ada yang dikit turun serta berjarak antar kedua-duanya, ada juga yang kecil serta padat. Sebetulnya seperti apakah bentuk payudara wanita yang disebutkan normal serta butuh dicek ke dokter?

Bentuk Payudara Wanita yang Sehat

Bagaimana bentuk payudara wanita yang normal?


Beda ukuran serta bentuk payudara semasing wanita umumnya dipastikan oleh gen atau aspek keturunan keluarga. Bila ibu Anda miliki payudara besar serta padat, kemungkinan besar semua anak perempuannya pun miliki payudara besar. Begitupun demikian sebaliknya. Bila ibu Anda sejak dari muda dahulu telah miliki bentuk payudara yang dikit turun mirip lonceng, peluangnya Anda pun demikian. Dari beberapa jenis bentuk payudara yang ada, tersebut yang dapat disebut normal serta sehat :

  • Bundar penuh

Sesuai dengan namanya, bentuk payudara yang satu ini terlihat bundar prima serta penuh dibagian atas serta bawah. Atau dalam kata lainnya, buah dada seakan akan membuat lingkaran yang utuh di semua sisinya.

  • Besar samping

Sempat memerhatikan bentuk payudara Anda sendiri? Apa kedua-duanya memiliki ukuran persis sama serta mempunyai bentuk yang simetris? Mungkin ke-2 sisinya malah berbeda besar pada kanan serta kiri. Entahlah yang kiri atau kanan, ada salah satunya bagian yang semakin besar dari satunya.

Akan tetapi, Anda tak perlu cemas sebab payudara yang besar samping (asimetris) sebetulnya masih tetap termasuk juga normal serta sehat. Pengakuan ini di dukung oleh Jennifer Wider, M.D., seseorang ahli kesehatan wanita sekaligus juga penulis buku. Wider menjelaskan jika adalah bentuk payudara yang besar samping ialah perihal yang normal. Ketidaksamaan ukurannya pun umumnya tidak demikian besar serta terlihat jelas saat disaksikan selintas oleh mata telanjang.

Bahkan juga tidak semua wanita mengerti mereka miliki payudara yang besar samping. Walau sebenarnya, keadaan ini dapat berlangsung hampir lebih dari 1/2 populasi wanita dalam dunia. Keadaan payudara yang besar samping umumnya telah mulai tampak semenjak waktu pubertas.

  • Seperti lonceng

Bila mengerti bentuk lonceng, Anda tentu tahu bentuk buah dada yang satu ini. Tidak seperti bentuk bundar penuh yang terlihat sama besar di semua sisinya, payudara dengan bentuk lonceng cukup sempit atau kecil dibagian atasnya tetapi tampak penuh dibagian bawah.

  • Arah puting bersimpangan

Bentuk buah dada ini terlihat landai dari atas ke bawah, dengan arah putih yang bersimpangan. Apa payudara Anda mempunyai bentuk semacam ini? Bila ya, janganlah kuatir. Karena sebetulnya ini adalah perihal yang normal saat tidak ada tanda-tanda lainnya yang mencemaskan.

Jika ingin lebih pastikan, Anda dapat menjumpai dokter untuk lakukan konsultasi tentang payudara dengan bentuk serta arah puting yang tidak selaras.

  • Side set

Bentuk payudara yang tuturnya baik ialah bundar serta menyatu rapat di ke-2 sisinya hingga membuat belahan dada merayu. Akan tetapi kenyataannya tidak semua wanita mempunyai bentuk baik itu.

Cukuplah beberapa wanita yang mempunyai bentuk payudara dengan jarak diantara ke-2 sisinya hingga tersisa dikit ruangan di dalam. Tenang, ini masih tetap terhitung normal serta sehat, kok, seandainya tidak dibarengi dengan beberapa gejala mengganggu.

  • Tear drop

Bentuk ‘tear drop’ mengadaptasi bentuk air mata. Tujuannya payudara Anda terlihat sempit atau kecil diatas tetapi melebar serta bundar dibagian bawahnya.

Hampir sama dengan bentuk lonceng, akan tetapi bentuk ‘tear drop’ mempunyai semakin banyak lekukan alias tidak betul-betul bundar dibagian samping payudara.

  • Slender

Kebalikan serta bentuk lonceng serta ‘tear drop’, bentuk buah dada ‘slender’ sebab lebih lebar serta penuh dibagian atas. Namun, sisi bawah payudaranya lebih kecil atau menyempit.

Dalam kata lainnya, payudara ini termasuk juga kurus sebab tidak mempunyai banyak jaringan lemak di dalamnya.

  • Bergerenjel

Beberapa wanita mempunyai payudara yang bergelombang, mempunyai guratan, serta tidak memiliki tekstur rata, alias bergerenjel. Biasanya bentuk payudara ini normal serta tak perlu sangat di kuatirkan.

Struktur kulit payudara yang bergelombang serta gerenjel pun mungkin mengisyaratkan stretch mark atau selulit. Walau mengganggu tampilan, dua permasalahan kulit ini bukan tanda-tanda penyakit serius.

Bentuk payudara apakah yang mengisyaratkan permasalahan?


Di baliknya beberapa bentuk payudara yang normal serta sehat, tentu saja ada banyak sinyal yang tidak bisa diremehkan. Jadi itu, cermati saat bentuk serta ukuran payudara beralih tidak diduga tidak seperti umumnya, serta tunjukkan beberapa rumor di bawah ini :

  • Mempunyai tonjolan

Tonjolan di payudara tidak selamanya bermakna kanker. Payudara Anda dapat berasa lebih padat serta dikit menonjol di ruang spesifik terutamanya tiap-tiap mendekati serta saat menstruasi, kehamilan serta menyusui, atau saat masuk waktu menopause. Umumnya pergantian ini akan kembali seperti sebelumnya sesudah Anda melalui saat-saat itu.

Anda pun mungkin lihat tonjolan di seputar puting susu Anda, yang diketahui menjadi kelenjar Montgomery. Ini juga betul-betul normal.

Akan tetapi lihat saat tonjolan payudara muncul tidak diduga (awal mulanya belum pernah ada), malah berkembang makin jadi membesar serta mengeras, dan tidak kunjung hilang dalam tempo lama. Cermati pun bila kulit payudara memerah serta berasa sakit Ini mungkin mengisyaratkan tonjolan ciri kanker payudara.

Jadi itu, wanita disarankan untuk teratur lakukan kontrol payudara sendiri (SADARI). Maksudnya supaya kelainan pada bentuk, ukuran, dan struktur payudara dapat selekasnya dideteksi serta diatasi sedini mungkin. Janganlah lupa pun selekasnya kontrol ke dokter untuk memperoleh diagnosis serta perlakuan yang pas.

  • Struktur kulit jeruk

Struktur kulit payudara yang normal serta sehat harusnya sama dengan kulit dibagian yang lain. Sebagian orang mungkin miliki guratan halus pada payudaranya sebab stretch mark atau peregangan kulit saat alami bertambahnya berat tubuh atay tengah hamil. Ini terhitung normal.

Lainnya narasi bila Anda lihat lekukan pada kulit tidak rata yang serupa dengan struktur kulit jeruk. Ini mungkin adalah tanda-tanda kanker payudara peradangan. Tidak semua payudara yang memiliki tekstur kulit jeruk tentu sinyal kanker payudara, sebab pada umumnya masalah ini mungkin dikarenakan oleh selulit. Walau demikian, siaga bila dibarengi dengan beberapa gejala tersebut :

  1. pembengkakan serta kemerahan yang bisa menutupi sepertiga atau lebih payudara Anda.
  2. tampilan kulit yang merah muda, kemerahan, ungu, atau memar.
  3. penambahan ukuran payudara yang cepat.
  4. sensasi berat, terbakar, sakit, atau ngilu di payudara.
  5. puting yang tidak diduga ringsek masuk ke dalam.
  6. pembengkakan kelenjar getah bening dibawah lengan, dekat tulang selangka, atau kedua-duanya.

Struktur kulit jeruk pada payudara dapat juga dikarenakan oleh infeksi spesifik, limfedema, serta resikonya dari therapy atau operasi untuk penyakit ganas.

  • Pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak

Kelenjar getah bening ialah beberapa kumpulan jaringan skema kebal badan, yang bekerja untuk menyaring cairan dan tangkap beberapa sel yang punya potensi membahayakan kesehatan. Contohnya bakteri, virus, ataupun sel kanker.

Saat payudara mempunyai sel kanker yang punya potensi berkembang jadi kanker, sel itu akan berjalan ke arah kelenjar getah bening yang berada di ketiak. Setelah itu, nampaklah pembengkakan dibagian ini sampai mengarah payudara.

Lihat bila muncul tonjolan yang tidak biasa di seputar ruang payudara sampai ke ketiak Anda. Janganlah menunda untuk memeriksakan ke dokter supaya bisa diatasi secepat-cepatnya.

Normalkah bila bentuk payudara beralih bersamaan menambahnya umur?


Tidak hanya beralih selama saat menstruasi serta kehamilan, bentuk payudara umumnya akan beralih bersamaan pergantian umur. Buat wanita yang telah menopause, payudara umumnya akan terlihat lebih kendur, kecil, bahkan juga beralih berubah bentuk daripada awal mulanya.

Semua keadaan itu termasuk juga normal, serta adalah sisi dari pergantian hormon di pada tubuh. Menyusut hormon estrogen bersamaan menambahnya umur, akan mengakibatkan kulit serta jaringan ikat payudara jadi kurang elastis atau kencang.

Pada akhirnya, payudara akan terlihat kendur serta seakan “melorot” ke bawah. Akan tetapi kembali lagi, bila pergantian itu tampil di luar waktu menstruasi, kehamilan, serta menopause, siaga terdapatnya permasalahan yang butuh dilakukan tindakan selekasnya oleh dokter.
Disqus Comments